04 Agustus 2012

PERENCANAAN WILAYAH



Teori tempat pusat (K3) adalah geografis teori yang berusaha menjelaskan jumlah, ukuran dan lokasi pemukiman manusia dalam sistem perkotaan .  Teori ini diciptakan oleh Jermangeografi Walter Christaller , yang menegaskan bahwa pemukiman hanya berfungsi sebagai 'tempat sentral memberikan pelayanan kepada daerah sekitarnya. 


Membangun teori


Prediksi dari teori K = 3 prinsip Pemasaran

ContohKritikPerkembangan Baru 
Pentingnya Kota dan Pertimbangan Teoritis lainPembuatan Teori Tempat Central operasionalTeori Tempat Pusat dan Model Interaksi Spasial

Untuk mengembangkan teori ini, Christaller membuat asumsi penyederhanaan berikut:
§  sebuah tak terbatas isotropik (semua datar), homogen, permukaan tak terbatas ( ruang abstrak )
§  populasi yang merata
§  semua permukiman yang berjarak sama dan ada dalam pola kisi segitiga
§  merata sumber daya
§  jarak pembusukan mekanisme
§  persaingan sempurna dan semua penjual adalah orang-orang ekonomi memaksimalkan keuntungan mereka
§  konsumen dari tingkat pendapatan yang sama dan perilaku belanja sama
§  semua konsumen memiliki daya beli yang sama dan permintaan barang dan jasa
§  Konsumen mengunjungi tempat-tempat pusat terdekat yang menyediakan fungsi yang mereka demand.They meminimalkan jarak yang akan bepergian
§  tidak ada penyedia barang atau jasa dapat memperoleh keuntungan berlebih (pemasok masing-masing memiliki monopoli atas sebuah pedalaman)


Oleh karena itu daerah perdagangan tempat-tempat pusat yang menyediakan barang atau jasa tertentu semua harus dari ukuran yang sama
§  hanya ada satu jenis transportasi dan ini akan sama-sama mudah ke segala arah
§  biaya transportasi adalah sebanding dengan jarak yang ditempuh dalam contoh, semakin lama jarak yang ditempuh, semakin tinggi biaya transportasi


Teori ini kemudian bergantung pada dua konsep: ambang batas dan jangkauan.
§  Threshold adalah pasar minimum (populasi atau pendapatan) yang diperlukan untuk membawa tentang penjualan barang atau jasa tertentu.
§  Rentang adalah konsumen jarak maksimum siap untuk melakukan perjalanan untuk mendapatkan barang - di beberapa titik biaya atau ketidaknyamanan akan lebih besar daripada kebutuhan untuk kebaikan.

Hasil dari preferensi konsumen adalah bahwa sistem pusat berbagai ukuran akan muncul. Setiap pusat akan memasok jenis tertentu barang membentuk tingkat hirarki. Dalam hirarki fungsional, generalisasi dapat dibuat mengenai jarak, ukuran dan fungsi permukiman.
1.   Semakin besar pemukiman berada dalam ukuran, semakin sedikit jumlahnya tsb, yaitu ada desa-desa kecil, tetapi kota-kota besar saja.
2.   Semakin besar permukiman tumbuh dalam ukuran, semakin besar jarak antara mereka, yaitu desa biasanya ditemukan berdekatan, sementara kota-kota dengan jarak lebih jauh terpisah.
3.   Sebagai permukiman meningkat dalam ukuran, jangkauan dan jumlah fungsinya akan meningkat.
4.   Sebagai permukiman meningkat dalam ukuran, jumlah tingkat tinggi layanan juga akan meningkat, yaitu tingkat yang lebih besar spesialisasi terjadi dalam layanan.
Semakin tinggi urutan barang dan jasa (lebih tahan lama, berharga dan variabel), semakin besar berbagai barang dan jasa, semakin lama orang jarak bersedia untuk bepergian untuk mendapatkan mereka. 


Di dasar piramida hirarki adalah pusat perbelanjaan, agen koran dll yang menjual barang pesanan rendah. Pusat-pusat kecil. Di bagian atas piramida adalah pusat penjualan barang orde yang tinggi. Pusat-pusat yang besar. Contoh untuk order barang rendah dan jasa adalah: koran warung, bahan makanan, toko roti dan kantor pos. Contoh untuk order barang tinggi dan jasa adalah: perhiasan, arcade perbelanjaan besar dan mal. Mereka didukung oleh populasi ambang jauh lebih besar dan permintaan. 


Dari sini ia menyimpulkan bahwa pemukiman akan cenderung membentuk dalam kisi segitiga / heksagonal, ini menjadi pola yang paling efisien untuk melayani daerah-daerah tanpa tumpang tindih. 


Dalam susunan berurutan dari hirarki perkotaan, tujuh perintah utama yang berbeda dari pemukiman telah diidentifikasi oleh Christaller, menyediakan berbagai kelompok barang dan jasa. Penyelesaian secara teratur spasi - spasi berjarak sama antara pusat urutan yang sama, dengan pusat-pusat yang lebih besar jauh terpisah dari pusat yang lebih kecil. Pemukiman memiliki area pasar heksagonal, dan yang paling efisien dalam jumlah dan fungsi. 


Tata letak yang berbeda diprediksi oleh Christaller memiliki K-nilai yang menunjukkan berapa banyak Sphere Pengaruh dari tempat pusat mengambil di - tempat utama itu sendiri dianggap sebagai 1 dan setiap bagian dari jumlah satelit sebagai porsinya:

 


K = 3 Prinsip


Menurut prinsip pemasaran K = 3, daerah pasar dari tempat yang lebih tinggi orde mencakup sepertiga dari luas pasar dari masing-masing tetangga berikut ukuran rendah orde tempat dan masing-masing terletak di sudut segi enam sekitar tinggi rangka penyelesaian. Setiap penyelesaian high-order mendapat 1/3 dari setiap penyelesaian satelit, sehingga K = 1 + 6 × 1/3 = 3. 


Namun, meskipun dalam jaringan = K 3 pemasaran jarak perjalanan diminimalkan, jaringan transportasi bukan yang paling efisien, karena jaringan transportasi yang penting antara tempat-tempat yang lebih besar tidak melewati tempat menengah. 


Status ekonomi konsumen di suatu daerah juga penting. Konsumen status ekonomi yang lebih tinggi cenderung lebih mobile dan oleh karena itu melewati pusat menyediakan barang pesanan hanya lebih rendah. Penerapan teori tempat pusat harus marah dengan kesadaran akan faktor-faktor seperti ketika merencanakan belanja lokasi pusat ruang.
Daya beli dan kepadatan mempengaruhi jarak pusat dan pengaturan hirarkis. Kepadatan yang cukup akan memungkinkan, misalnya, sebuah took kelontong, fungsi yang lebih rendah, untuk bertahan hidup di lokasi yang terisolasi. 


Faktor-faktor yang membentuk tingkat daerah pasar:
§  Penggunaan lahan : daerah industri dapat memberikan sedikit di jalan populasi memakan
§  Miskin aksesibilitas : ini dapat membatasi tingkat daerah pasar pusat
§  Kompetisi : ini membatasi tingkat daerah pasar ke segala arah
§  Teknologi : mobilitas tinggi yang diberikan oleh mobil memungkinkan tumpang tindih daerah pasar


Pasar studi kawasan memberikan teknik lain untuk menggunakan teori tempat pusat sebagai alat perencanaan lokasi ritel. Hirarki pusat perbelanjaan telah banyak digunakan dalam perencanaan " kota baru ". Di kota baru, hirarki pusat-pusat bisnis jelas. Satu utamapusat perbelanjaan menyediakan sebagian besar barang tahan lama (orde tinggi); kabupaten dan lokal pusat perbelanjaan pasokan, semakin, kenyamanan (urutan bawah) barang. Pusat-pusat ditetapkan dalam rencana kota baru tidak bebas dari persaingan luar.Dampak sekitar pusat yang ada di pusat kota baru tidak dapat diabaikan. 


Yang baru direklamasi polder dari Belanda memberikan pesawat isotropik yang telah mengembangkan dan permukiman di daerah tertentu 6 kota-kota kecil dapat dilihat di sekitar kota besar, terutama di Noord-Oostpolder dan Flevoland. Para Fen dari East Anglia di Inggris juga menyediakan hamparan luas lahan datar tanpa hambatan alam untuk pengembangan pemukiman. Cambridge adalah contoh yang baik dari Tempat = Model K 4 Transportasi Tengah, meskipun dikelilingi oleh 7, bukan 6, permukiman. Setiap satelit adalah 10-15 mil dari Cambridge dan masing-masing terletak di jalan utama yang mengarah keluar dari Cambridge:
§  Ely - A10 utara
§  Newmarket - A1303 (sekarang dilewati oleh A14/A11) timur laut
§  Haverhill - A1307 tenggara
§  Saffron Walden - A1301 selatan
§  Royston - A10 barat daya
§  Neots - A428 barat
§  St Ives - A14 barat laut

Seperti semua permukiman satelit pada jaringan transportasi, ini adalah contoh yang baik dari model K = 4 CPT (meskipun dalam hal ini adalah K = 4,5 karena 7 bukan 6 pemukiman).

Contoh lain dari penggunaan CPT berada di delineasi Daerah Medical Care di California. Sebuah hirarki kota-kota perawatan primer, sekunder dan tersier digambarkan, dan ukuran populasi dan pendapatan yang dibutuhkan untuk mendukung satu sama khusus perawatan medis di California ditentukan. 


Teori Tempat Sentral telah dikritik karena statis, tetapi tidak memasukkan aspek temporal dalam pengembangan tempat pusat.Selanjutnya, teori memegang dengan baik ketika datang ke daerah-daerah pertanian, tetapi daerah industri atau tidak pascaindustri karena sifat diversifikasi mereka berbagai layanan atau distribusi bervariasi mereka sumber daya alam. 


Baru teori perkembangan telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk mengatasi aspek statis CPT. Veneris (1984) mengembangkan model teoritis yang dimulai dengan (a) sistem merata ("abad pertengahan") kota, (b) kegiatan ekonomi baru berlokasi di beberapa kota sehingga menyebabkan diferensiasi dan evolusi menjadi sebuah hirarki ("industri") sistem kota, (c) diferensiasi lebih lanjut mengarah ke dalam sistem pasca-hirarkis ("pascaindustri") kota. Evolusi ini dapat dimodelkan dengan menggunakan tiga teori CPT utama: tahap (a) adalah suatu sistem von "negara terisolasi" Thünen; tahap (b) adalah sistem hirarkis Christallerian; tahap (c) adalah sistem pasca-hirarkis Loschian . Selanjutnya, tahap (b) sesuai dengan kota Chris Alexander "pohon", sementara (c) mirip dengan sistemnya "kisi" (mengikuti diktum nya "kota ini tidak pohon"). 


Menurut Smith, Walter Christaller keliru dalam pengembangan tentang CPT pada tahun 1930 dengan menggunakan ukuran populasi dan jumlah telepon dalam menentukan pentingnya sebuah kota. Smith diakui bahwa meskipun ukuran populasi adalah penting untuk wilayah yang dilayani oleh sebuah kota, jumlah jenis layanan yang ditawarkan ada yang lebih penting sebagai ukuran pentingnya sebuah kota dalam menarik konsumen. Dalam menerapkan CPT untuk menggambarkan pemberian perawatan medis di California, Smith menghitung jumlah spesialisasi dokter untuk menentukan pentingnya sebuah kota di pemberian perawatan medis.
Christaller juga salah dalam asumsi bahwa kota "muncul". Di California dan sebagian besar Amerika Serikat, banyak kota yang terletak oleh rel kereta api pada saat trek diletakkan. Di California, kota yang didirikan oleh kereta api adalah 12 mil terpisah, jumlah trek awak bagian bisa mempertahankan di tahun 1850-an; kota-kota besar adalah 60 mil terpisah, jarak mesin uap bisa bepergian sebelum perlu air. Kota tua didirikan berjalan-jalan hari itu terpisah oleh para imam Spanyol yang mendirikan misi awal. 


Di daerah perawatan medis dijelaskan oleh Smith, ada hirarki layanan, dengan perawatan primer semoga didistribusikan ke seluruh daerah, kota-kota berukuran menengah menawarkan perawatan sekunder, dan daerah metropolitan dengan perawatan tersier.Pendapatan, ukuran populasi, demografi penduduk, jarak ke pusat layanan berikutnya, semua memiliki pengaruh pada jumlah dan jenis spesialis yang terletak di sebuah pusat populasi. (Smith, 1977, 1979) Sebagai contoh, ahli bedah ortopedi ditemukan di daerah ski, dokter kandungan di pinggiran kota, dan spesialisasi butik seperti hipnotis, operasi plastik, psikiatri lebih mungkin di daerah berpenghasilan tinggi. Itu mungkin untuk memperkirakan ukuran populasi (ambang) yang diperlukan untuk mendukung khusus, dan juga untuk menghubungkan spesialisasi yang diperlukan untuk saling bekerja sama, seperti hematologi, onkologi, dan patologi, atau kardiologi, bedah dada dan Pulmonologi.
Distribusi perawatan medis di California diikuti pola yang berkaitan dengan penyelesaian kota. Kota dan daerah pedalaman mereka memiliki karakteristik Prinsip Lalu Lintas (Lihat K = 4 di atas) biasanya memiliki enam jalan utama melalui mereka-the thoroughfares termasuk jalan raya, sungai, kereta api, dan kanal. Mereka adalah yang paling efisien dan dapat memberikan layanan biaya terendah karena transportasi lebih murah. Mereka telah menetap pada prinsip pasar (K = 3 di atas) memiliki layanan yang lebih mahal dan barang, karena mereka didirikan di saat-saat ketika transportasi lebih primitif. Di Appalachia, misalnya, prinsip pasar masih berlaku dan perawatan medis pedesaan jauh lebih mahal. 


CPT sering dikritik sebagai "tidak realistis". Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa hal itu dapat menggambarkan sistem perkotaan yang ada. Suatu hal yang penting adalah bahwa formulasi asli Christaller adalah salah dalam beberapa cara (Smith).Kesalahan ini menjadi jelas jika kita mencoba untuk membuat CPT "operasional", yaitu jika kita mencoba untuk mendapatkan data numerik dari schemata teoritis. Masalah-masalah ini telah diidentifikasi oleh veneris (1984) dan kemudian oleh Openshaw dan veneris (2003), yang memberikan juga solusi secara teoritis suara dan konsisten, didasarkan pada sistem = 3 K, 37-pusat CP:

  1. Penutupan masalah. Skema asli Christaller menyiratkan sebuah lanskap yang tak terbatas. Meskipun pasar masing-masing memiliki ukuran terbatas, total sistem tidak memiliki batas untuk itu. Baik Christaller, maupun literatur terkait awal memberikan bimbingan apapun tentang bagaimana sistem dapat "berisi". Openshaw dan veneris (2003) mengidentifikasi tiga jenis penutupan, yaitu (a) negara yang terisolasi, (b) penutupan wilayah dan (c) penutupan fungsional. Setiap jenis penutupan menyiratkan pola populasi yang berbeda. 
  2. Membangkitkan perjalanan. Mengikuti logika Christallerian dasar dan jenis penutupan diidentifikasi, Openshaw dan veneris (2003) menghitung pola perjalanan antara 27 pusat. Menghitung antar-dan intra-zonal biaya / jarak. Christaller diasumsikan kebebasan bergerak ke segala arah, yang akan berarti "penerbangan" jarak antara pusat. Pada saat yang sama, ia memberikan jaringan jalan khusus untuk sistem CP, yang tidak memungkinkan untuk jarak penerbangan. Ini adalah cacat besar yang tidak Christaller, atau literatur terkait awal telah diidentifikasi.Openshaw dan veneris (2003) menghitung biaya / jarak yang konsisten dengan prinsip-prinsip Christallerian.

 

Hal ini pernah berpikir bahwa teori tempat pusat tidak kompatibel dengan model interaksi spasial (SIM). Adalah hal yang bertentangan namun yang beberapa kali kota atau pusat perbelanjaan yang direncanakan dengan CPT, dan kemudian dievaluasi dengan SIM.
Openshaw dan veneris (2003) berhasil menghubungkan dua teori regional yang besar dengan cara yang konsisten yang jelas dan secara teoritis: menggunakan data yang mereka berasal dari operasionalisasi CPT, mereka bereksperimen dengan beberapa SIM.Setelah penyelidikan menyeluruh melalui simulasi komputer, mereka mencapai kesimpulan teoritis dan praktis yang penting.
Smith mampu menggambarkan daerah perawatan medis (kisaran itu), menggambarkan hirarki layanan medis, basis populasi yang dibutuhkan dari setiap spesialisasi medis (ambang), efisiensi dari daerah, dan pentingnya bagaimana suatu daerah itu diselesaikan untuk pengiriman perawatan medis, yaitu, menurut prinsip-prinsip lalu lintas, pasar atau administratif.


Teori lokasi biaya minimum oleh Max Weber tahun 1929

Teori ini menganalisis lokasi kegiatan industri. Asumsi-asumsi yang digunakan Weber: 

  • Unit telaahan adalah suatu wilayah terisolasi, iklim yang homogen, konsumen terkonsentrasi pada beberapa pusat, dan kondisi pasar adalah persaingan sempurna. 
  • Beberapa sumber daya alam seperti air, pasir dan batu bara tersedia dimana-mana dalam jumlah yang memadai. 
  • Material lainnya seperti bahan bakar mineral dan tambang tersedia secara sporadis dan hanya terjangkau pada beberapa tempat terbatas. 
  • Tenaga kerja tidak tersebar merata tapi berkelompok pada beberapa lokasi dan dengan mobilitas yang terbatas.
Teori lokasi pendekatan pasar (Losch)


Teori ini melihat persoalan dan sisi permintaan (pasar). Lokasi penjual sangat
berpengaruh terhadap jumlah konsumen. Makin jauh dari pasar, konsumen enggan
karena biaya transportasi tinggi.



Memaksimumkan Laba (Pendapatan Maksimum)

Terdapat tiga pendekatan perhitungan laba maksimum yaitu :
Pendekatan Totalitas (totality approach) Pendekatan totalitas membandingkan
pendapatan total (TR) dan biaya total (TC). Jika harga jual per unit output (P) dan jumlah
unit output yang terjual (Q), maka TR = P.Q. Biaya total adalah jumlah biaya tetap (FC)
ditambah biaya variable per unit(v) dikali biaya variable per unit, sehingga:
π = P.Q – (FC + v.Q) 

  • Implikasi dari pendekatan totalitas adalah perusahaan menempuh strategi penjualan maksimum (maximum selling). Sebab semakin besar penjualan makin besar laba yang diperoleh. Hanya saja sebelum mengambil keputusan, perusahaan harus menghitung berapa unit output yang harus diproduksi untuk mencapai titik impas. Kemudian besarnya output tadi dibandingkan dengan potensi permintaan efektif. 
  • Pendekatan Rata-rata (average approach), Dalam pendekatan ini perhitungan laba per unit dilakukan dengan membandingkan antara biaya produksi rata-rata (AC) dengan harga jual output (P) kemudian laba total dihitung dari laba per unit dikali dengan jumlah output yang terjual.
π = (P - AC).Q

Dari persamaan ini, perusahaan akan mencapai laba bila harga jual per unit output (P) lebih tinggi dari biaya rata-rata (AC). Perusahaan akan mencapai angka impas bila P sama dengan AC. Keputusan untuk memproduksi atau tidak didasarkan perbandingan besarnya P dengan AC. Bila P lebih kecil atau sama dengan AC, perusahaan tidak mau memproduksi. Implikasi pendekatan rata-rata adalah perusahaan atau unit usaha harus menjual sebanyak-banyaknya (maximum selling) agar laba (π) makin besar.

  • Pendekatan Marginal (marginal approach) Perhitungan laba dilakukan dengan membandingkan biaya marginal (MC) dan pendapatan marginal (MR). Laba maksimum akan tercapai pada saat MR = MC.
π = TR – TC Laba maksimum tercapai bila turunan pertama fungsi π(δ π /δQ) sama dengan nol dan nilainya sama dengan nilai turunan pertama TR (δTR/ δQ atau MR) dikurangi nilai turunan pertama TC (δTC/ δQ atau MC). Sehingga MR – MC = 0. Dengan demikian, perusahaan akan memperoleh laba maksimum (atau kerugian minimum) bila ia berproduksi pada tingkat output di mana MR = MC.


Pendekatan analisis wilayah selain faktor kependudukan, adalah analisis terhadap pola hubungan/interaksi antarwilayah maupun antar bagian wilayah yang satu dengan lainnya.  Anggapan dasar yang digunakan adalah melihat suatu daerah sebagai suatu massa, sehingga hubungan antar daerah diasumsikan dengan hubungan antar massa, yang mana massa tersebut memiliki daya tarik, sehingga terjadi saling pengaruhi antar daerah.

Permodelan yang dapat digunakan dalam melakukan analisis terhadap pola interaksi atau keterkaitan antardaerah atau antar bagian wilayah dengan wilayah lainnya, adalah Model Gravitasi.  Penerapan model ini ini dalam bidang analisis perencanaan kota adalah dengan anggapan dasar bahwa faktor aglomerasi penduduk, pemusatan kegiatan atau potensi sumber daya alam yang dimiliki, mempunyai daya tarik yang dapat dianalogikan sebagai daya tarik menarik antara 2(dua) kutub magnet.

Kelemahan penerapan model ini dalam analisis wilayah, terutama terletak pada variabel yang digunakan sebagai alat ukur, dimana dalam fisika variabel yang digunakan, yaitu molekul suatu zat mempunyai sifat yang homogen, namun tidak demikian halnya dengan unsur pembentuk kota, misalnya penduduk.  Namun demikian, hal ini telah dikembangkan, yaitu dengan tidak hanya memasukan variabel massa saja, tetapi juga gejala sosial sebagai faktor pembobot.

Persamaan umum model Gravitasi ini adalah : dimana :
Tij   =  pergerakan penduduk sub-wilayah i ke sub-wilayah j
K    =  tetapan empiris (bobot)
Pi   =  pergerakan penduduk sub wilayah I
Pj   =  pergerakan penduduk yang berakhir di sub wilayah j
       P    =  jumlah penduduk sub wilayah i 


Teori Pemilihan Lokasi

1.   Teori lokasi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang menyelidiki tata ruang (spatial order) kegiatan ekonomi. Atau dapat juga diartikan sebagai ilmu tentang alokasi secara geografis dari sumber daya yang langka, serta hubungannya atau pengaruhnya terhadap lokasi berbagai macam usaha atau kegiatan lain (activity). Secara umum, pemilihan lokasi oleh suatu unit aktivitas ditentukan oleh beberapa faktor seperti: bahan baku lokal (local input); permintaan lokal (local demand); bahan baku yang dapat dipindahkan (transferred input); dan permintaan luar (outside demand). (Hoover dan Giarratani, 2007)

2.    Von Thunen (1826) mengidentifikasi tentang perbedaan lokasi dari berbagai kegiatan pertanian atas dasar perbedaan sewa lahan (pertimbangan ekonomi). Menurut Von Thunen tingkat sewa lahan adalah paling mahal di pusat pasar dan makin rendah apabila makin jauh dari pasar. Von Thunen menentukan hubungan sewa lahan dengan jarak ke pasar dengan menggunakan kurva permintaan. Berdasarkan perbandingan (selisih) antara harga jual dengan biaya produksi, masing-masing jenis produksi memiliki kemampuan yang berbeda untuk membayar sewa lahan. Makin tinggi kemampuannya untuk membayar sewa lahan, makin besar kemungkinan kegiatan itu berlokasi dekat ke pusat pasar. Hasilnya adalah suatu pola penggunaan lahan berupa diagram cincin. Perkembangan dari teori Von Thunen adalah selain harga lahan tinggi di pusat kota dan akan makin menurun apabila makin jauh dari pusat kota.

3.   Weber (1909) menganalisis tentang lokasi kegiatan industri. Menurut teori Weber pemilihan lokasi industri didasarkan atas prinsip minimisasi biaya. Weber menyatakan bahwa lokasi setiap industri tergantung pada total biaya transportasi dan tenaga kerja di mana penjumlahan keduanya harus minimum. Tempat di mana total biaya transportasi dan tenaga kerja yang minimum adalah identik dengan tingkat keuntungan yang maksimum.  Menurut Weber ada tiga faktor yang mempengaruhi lokasi industri, yaitu biaya transportasi, upah tenaga kerja, dan kekuatan aglomerasi atau deaglomerasi. Dalam menjelaskan keterkaitan biaya transportasi dan bahan baku Weber menggunakan konsep segitiga lokasi atau locational triangle untuk memperoleh lokasi optimum. Untuk menunjukkan apakah lokasi optimum tersebut lebih dekat ke lokasi bahan baku atau pasar, Weber merumuskan indeks material (IM), sedangkan biaya tenaga kerja sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi lokasi industri dijelaskan Weber dengan menggunakan sebuah kurva tertutup (closed curve) berupa lingkaran yang dinamakan isodapan (isodapane).

4.    Teori Christaller (1933) menjelaskan bagaimana susunan dari besaran kota, jumlah kota, dan distribusinya di dalam satu wilayah. Model Christaller ini merupakan suatu sistem geometri, di mana angka 3 yang diterapkan secara arbiter memiliki peran yang sangat berarti dan model ini disebut sistem K = 3. Model Christaller menjelaskan model area perdagangan heksagonal dengan menggunakan jangkauan atau luas pasar dari setiap komoditi yang dinamakan range dan threshold.

5.   Teori Lokasi dari August Losch melihat persoalan dari sisi permintaan (pasar), berbeda dengan Weber yang melihat persoalan dari sisi penawaran (produksi). Losch mengatakan bahwa lokasi penjual sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat digarapnya. Makin jauh dari tempat penjual, konsumen makin enggan membeli karena biaya transportasi untuk mendatangi tempat penjual semakin mahal. Losch cenderung menyarankan agar lokasi produksi berada di pasar atau di dekat pasar.

6.    D.M. Smith memperkenalkan teori lokasi memaksimumkan laba dengan menjelaskan konsep average cost (biaya rata-rata) dan average revenue (penerimaan rata-rata) yang terkait dengan lokasi. Dengan asumsi jumlah produksi adalah sama maka dapat dibuat kurva biaya rata-rata (per unit produksi) yang bervariasi dengan lokasi. Selisih antara average revenue dikurangi average cost adalah tertinggi maka itulah lokasi yang memberikan keuntungan maksimal.

7.     McGrone (1969) berpendapat bahwa teori lokasi dengan tujuan memaksimumkan keuntungan sulit ditangani dalam keadaan ketidakpastian yang tinggi dan dalam analisis dinamik. Ketidaksempurnaan pengetahuan dan ketidakpastian biaya dan pendapatan di masa depan pada tiap lokasi, biaya relokasi yang tinggi, preferensi personal, dan pertimbangan lain membuat model maksimisasi keuntungan lokasi sulit dioperasikan.

8. Menurut Isard (1956), masalah lokasi merupakan penyeimbangan antara biaya dengan pendapatan yang dihadapkan pada suatu situasi ketidakpastian yang berbeda-beda. Isard (1956) menekankan pada faktor-faktor jarak, aksesibilitas, dan keuntungan aglomerasi sebagai hal yang utama dalam pengambilan keputusan lokasi. Richardson (1969) mengemukakan bahwa aktivitas ekonomi atau perusahaan cenderung untuk berlokasi pada pusat kegiatan sebagai usaha untuk mengurangi ketidakpastian dalam keputusan yang diambil guna meminimumkan risiko. Dalam hal ini, baik kenyamanan (amenity) maupun keuntungan aglomerasi merupakan faktor penentu lokasi yang penting, yang menjadi daya tarik lokasi karena aglomerasi bagaimanapun juga menghasilkan konsentrasi industri dan aktivitas lainnya.

9.     Model gravitasi adalah model yang paling banyak digunakan untuk melihat besarnya daya tarik dari suatu potensi yang berada pada suatu lokasi. Model ini sering digunakan untuk melihat kaitan potensi suatu lokasi dan besarnya wilayah pengaruh dari potensi tersebut. Model ini dapat digunakan untuk menentukan lokasi yang optimal.

10.  Tidak ada sebuah teori tunggal yang bisa menetapkan di mana lokasi suatu kegiatan produksi (industri) itu sebaiknya dipilih. Untuk menetapkan lokasi suatu industri (skala besar) secara komprehensif diperlukan gabungan dari berbagai pengetahuan dan disiplin. Berbagai faktor yang ikut dipertimbangkan dalam menentukan lokasi, antara lain ketersediaan bahan baku, upah buruh, jaminan keamanan, fasilitas penunjang, daya serap pasar lokal, dan aksesibilitas dari tempat produksi ke wilayah pemasaran yang dituju (terutama aksesibilitas pemasaran ke luar negeri), stabilitas politik suatu negara dan, kebijakan daerah (peraturan daerah).

Dari : Berbagai sumber

2 komentar:

Mahfud mengatakan...

wah, kalo di share gini pasti banyak yg ngopy deh.. ehehe

Encum Nurhidayat, SP mengatakan...

Mangga Kang, tiasa wae asal tetap di edit dan kalau bisa di tambah supaya ada modifikasi... hehehehe