08 Juli 2012

“KONSEP DAN LANDASAN PERENCANAAN WILAYAH”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Planologi atau Perencanaan Wilayah adalah suatu program studi yang mempelajari tentang cara merencana suatu wilayah. Ilmu perencanaan wilayah merupakan ilmu terdiri dari berbagai konsep ilmu yang lain. Misalnya, ilmu ekonomi, ilmu kependudukan, ilmu sosial, dan salah satu yang paling penting yaitu geologi lingkungan.

Ilmu-ilmu tersebut diperlukan agar ilmu perencanaan dapat dipergunakan secara maksimal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai serta dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat atau penduduk sebagai subjek dan sekaligus objek perencanaan. Sehingga perencana dapat merencanakan suatu wilayah yang bersih, rapi, indah, aman, dan berwawasan lingkungan.

Dalam ilmu perencanaan wilayah, secara garis besar mempunyai dua aspek yang harus dikembangkan, yaitu aspek fisik dan non fisik. Aspek fisik di sini adalah klimatologi, morfologi, litologi, stratigrafi, hidrologi, hidrogeologi, bahaya geologi, dan sumber daya alam serta aspek non fisik antara lain ekonomi, sosial, budaya, politik dan hankam. Aspek fisik di sini tidak lain adalah bagian dari ilmu geologi, yang akan dibahas dalam makalah ini, terutama geologi lingkungan.

Geologi lingkungan sebagai ilmu terapan dari pengetahuan geologi yang ditujukan dalam upaya memanfaatkan sumberdaya alam secara efektif dan efisien guna memenuhi kebutuhan hidup manusia masa kini dan masa mendatang dengan seminimal mungkin mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Dengan kata lain geologi lingkungan dapat diartikan sebagai penerapan informasi geologi dalam pembangunan terutama untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan untuk meminimalkan degradasi lingkungan sebagai akibat perubahan-perubahan yang terjadi dari pemanfaatan sumberdaya alam.

Ada tujuh konsep yang menjadi dasar ilmu geologi lingkungan, yaitu:
1.    Pada dasarnya bumi merupakan suatu sistem tertutup
2.    Bumi yang kita miliki sebagai tempat tinggal yang paling sesuai dengan kehidupan manusia ini mempunyai sumber daya alam yang terbatas
3.    Pada saat ini, proses – proses fisik telah mengubah bentang alam, baik secara alamiah dan buatan, yang telah tersusun selama periode geologi.
4.    Selalu terjadi proses alam yang membahayakan kehidupan manusia.

un  Bagi teman yang butuh makalah ini silahkan download di sini

0 komentar: