08 Juni 2012

PEMBUKUAN PUAP

A.  PENDAHULUAN
Gapoktan (gabungan  Kelompok Tani) merupakan lembaga di pedesaan yang merupakan gabungan dari Kelompok-Kelompok Tani. Saat ini pemerintah melalui PUAP meluncurkan dana yang lumayan banyak untuk Petani melalui GAPOKTAN ini. Dana yang di hibahkan ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi petani miskin yang ada di pedesaan, oleh sebab itu proses pengadministrasian kegiatan yang mendapat dukungan dana tersebut perlu diilakukan sebaik mungkin agar sumber dana yang tersedia dapat bermanfaaat secara maksimal.
Kegiatan pembukuan Gapoktan biasanya terbagi dalam dua kelompok yaitu pembukuan non keuangan  yang biasa di pegang oleh sekretaris dan p embukuan keuangan atau biasa disebut dengan akuntansi yang dikelola oleh bendahara Kegiatan pembukuan tersebut merupakan proses identifikasi, mengukur dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan untuk mempertimbangkan dalam mengambil keputusan oleh para pemakainya.
Dari buku-buku administrasi termasuk buku keuangan yang dimiliki Gapoktan, pada umumnya masih jarang diisi oleh pengurus Gapoktan .
Hal ini disebabkan karena pengurus Gapoktan  menganggap bahwa pengisian buku keuangan sangat rumit dan belum menyadari pentingnya pembukuan keuangan bagiGapoktan dan kelompok. Dana-dana yang diterima maupun yang dikeluarkan untuk membiayai kegiatan Gapoktan dicatat tidak sistematis atau bahkan tidak dicatat. Akibatnya sering keadaan keuangan   Gapoktan tidak jelas dan terjadi kekeliruan perhitungan. Oleh karena itu, catatan keuangan kelompok sangat diperlukan bagi Gapoktan,terutama untuk Gapoktanyang ingin mengembangkan usahanya dan mengembangkan danaGapoktan /dana bersama Gapoktan .
Dalam Pembukuan Keuangan Gapoktan di PUAP ini menggunakan buku-buku sebagaiberikut:
1.    Buku Kas Harian Uang Masuk
2.    Buku Kas Harian Uang Keluar
3.    Buku Kas
4.    Kartu Simpanan Anggota
5.    Kartu Pinjaman Anggota
Kemudian untuk pelaporan keuaangan menggunakan :
1.    Neraca Percobaan dan
2.    Neraca Laporan Laba ugi. 
Pada Pembelajaran ini akan diberikan penjelasan dan Sekaligus praktek kegiatan pembukuan keuangan dengan menggunakan blanko di  atas dan kasus-kasus.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

siang pak .. saya andri apa boleh saya tahu no yang bisa menghubungi bapak atau bapak bisa hub saya di alitafidriati@yahoo.co.id. saya ingin mengetahui apakah ada binaan untuk beternak lele di daerah rawa jati... atau adakah ppl yang terdekat disana yang bisa saya hub. terimaha aksih infonya