06 Juli 2011

Aplikasi tanaman Mentimun

Dosis Total per hektar :  - +  2 – 3 liter

Perlakuan Benih :
1.    Larutkan 2 tutup botol ( 20 ml ) HERBAFARM ke dalam 2 liter air, rendam benih selama 1 jam.
2.    Siapkan polibag kecil ( 5 x 7 ) diisi dengan media tanah subur dan kompos ( 1 : 1 ). Siram media dengan air sampai jenuh, kemudian benih ditanam sedalam 0,5 cm.
3.    Semprot bibit dan media tanam dengan larutan HERBAFARM sebanyak 2 ml per liter air setiap 7 hari sekali. Setelah 2 minggu ( mempunyai 2 helai daun ) bibit siap dipindah ke lahan.

Pengolahan Tanah :
·       Lahan dicangkul halus dan dibuat bedengan dengan lebar 1 m, tinggi 30 cm dengan panjang mengikuti lahan. Jarak antar bedengan 50 cm. Taburkan pupuk kandang ( kompos ) sebanyak 5 ton dan Dolomit setengah dari dosis anjuran ( -+ 0,5 ton / ha ) di atas bedengan, kemudian semprot dengan larutan HERBAFARM 5 tutup botol per tangki.

Perlakuan benih :
1.    Lahan dicangkul halus dan dibuat bedengan dengan lebar 1 m, tinggi 30 cm dengan panjang mengikuti lahan. Jarak antar bedengan 50 cm. Taburkan pupuk kandang ( kompos ) sebanyak 3 ton dan Dolomit setengah dari dosis anjuran ( -+ 0,5 ton / ha ) di atas bedengan, kemudian semprot dengan larutan HERBAFARM 5 tutup botol per tangki.
2.    Tutup lahan dengan mulsa plastik, kemudian lahan di Leb / di airi dan dibiarkan selama 2 hari, baru siap untuk ditanam.

Pemeliharaan Tanaman :
1.    larutkan 1 – 3 tutup botol ( 10 – 30 ml ) HERBAFARM per tangki air.
2.    semprot merata pada permukaan bawah daun dan tanah sekitar tanaman.
3.    Aplikasi pada umur 10 hari setelah tanam dan selanjutnya dilakukan setiap 10 hari sekali.
4.    pemupukan kimia / organik dilakukan sesuai anjuran dinas setempat dengan dosis setengah dari dosis anjuran.


0 komentar: